Kamis, 05 Maret 2009

Ngantuk



Menurut kaca mata saya, banyak jamaah jumat yang pada ngantuk saat mendengarkan khutbah. Termasuk saya di dalamnya. Tentu. Nggak pakai basa - basi. Memang kenyataannya seperti itu. Mau apalagi. Suasana mendukung. Angin semilir. Di luar terik. Maka, perpindahan moda itu adalah pemicu utama untuk ngantuk. Dari panas ke dingin. Sepoi – sepoi. Dan panca indra merespon dengan cepat:get rest. Tes, tes, tes,,,,,,,,,,,,,. Padahal ada khutbah. Imam Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Huroiroh ra. berkata, Rasululloh SAW bersabda, “Barangsiapa berwudhu kemudian memperbaiki wudhunya, lalu menghadiri Jumat, lalu dia diam dan mendengarkan, maka diampuni baginya antara Jumat ini sampai Jumat berikutnya dan ditambah tiga hari. Dan barang siapa yang menyentuh kerikil maka telah melakukan perbuatan yang sia – sia (lahan).” Nah, yang pengin saya komentari adalah pengertian diam dan mendengarkan, apakah didalamnya boleh ngantuk? Sebab diriwayat lain disebutkan kalau qalam diangkat jika seseorang itu tidur atau tertidur. Tidak menutup kemungkinan tidur sambil duduk, saat mendengarkan khutbah bukan? Di dalam Himpunan Kitabul Ahkam halaman 33, No hadits 61 (di kitab saya, mungkin di himpunan Anda tidak ada nomernya) ada sebuah riwayat yang dicuplik dari Sunan Abi Dawud Kitabul Al-Hudud, dari Ali dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Qolam (pena) diangkat dari tiga keadaan, (pertama) dari orang yang tidur sehingga bangun, (kedua) dari anak – anak sehingga baligh dan (ketiga) dari orang yang gila sehingga waras atau berakal.” Pengertian diam dan mendengarkan secara harfiah bisa dikatakan kalau orang itu sadar dari mulai sampai rampung khutbah. Nggak ngantuk atau sibuk sendiri (ngalamun) sehingga melupakan khutbah. Karena tujuannya agar bisa memahami apa yang disampaikan di dalam khutbah. Nah, maksud dari penyampaian dua hadits di atas adalah agar kita lebih hati – hati dalam menghadiri sholat Jumat. Jangan sampai pahala yang dijanjikan; akan diampuni 10 hari dari Jumat ini sampai Jumat berikutnya dan ditambah tiga hari, menjadi berkurang, muspro atau sirna sama sekali. Gara – gara kita ngantuk, bahkan tertidur sewaktu mendengarkan khutbah. Kiat agar tidak ngantuk dalam khutbah adalah sebagai berikut:
Angkat pandangan kepada Khothib. Dulu sewaktu di Pancoran, khothib sebelum khutbah selalu mengingatkan akan hal ini. Jika kita bisa memandang khotib dari awal sampai akhir, insya Allah dijamin tidak ngantuk.

Geser tempat duduk. Jika sudah merasa ngantuk, bergeserlah ke depan atau ke belakang dari tempat duduk kita. Jangan ke samping, karena akan mengganggu teman duduk kita. Juga jangan malah bersandar. Bersandar akan lebih cepat menambah kantuk. Dengan pergeseran ini insya Allah akan mengurangi efek kantuk. Karena ada kejutan motorik, sehingga mata terbelalak kembali.
Sebenarnya ada satu lagi (menurut pandangan saya) sebagai pemicu kantuk saat khutbah. Yaitu kegiatan ngejar sholat tasbih sebelum khutbah jumat. Bagi mereka, patut kita apresiasi atas mempersungguhnya. Akan tetapi lebih baik lagi kalau bisa mengerjakan sholat tasbih jauh sebelum khutbah jumat. Atau setelah sholat jumat. Karena dengan diforsir ngejar sholat tasbih, setelah selesai sholat, tubuh dalam keadaan relaksasi dan akan cepat mengantuk. Karena cenderung diam dan kelelahan. Itu pengalaman saya. Oleh karena itu, sama – sama mempersungguhnya kerjakanlah sholat tasbih pada malam jumatnya. Kalau memang bisa. Sedangkan sebelum khutbah dan sholat jumatnya, kita persungguh untuk mendapatkan ampunan Jumat ini sampai Jumat berikutnya dan ditambah tiga hari. Jangan sampai mburu uceng kelangan deleg. Karena yang wajib adalah khutbah dan sholat jumatnya, bukan sholat tasbihnya bukan? Jadi, penegasan agar bisa mendapatkan pahala ampunan 10 hari dari Jumat ini sampai Jumat berikutnya dan ditambah tiga hari adalah tidak ngantuk dan tidak lahan. Mari meraihnya.

By Fami, Jambi - MilisJokam

3 komentar:

agung anugrahjati mengatakan...

Jazakallahu khoiro atas nasehatnya... Semoga Allag paring manfaat dan barokah.

echaimutenan mengatakan...

iya semoga lebih lancar n barokah..a.emin

Jasa Pembuatan Ijazah mengatakan...

BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

-SMU:4.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
BERMINAT?

HUB: +6285736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain